sendi dan kaku tidak nyaman

 Pernah ada orang yang mendatangi saya dan bertanya obat jari tangan kaku tidak bisa ditekuk dimana ya bisa mendapatkannya…. Saya tidak ngerti, malah bingung ditanya begitu. 

Akhirnya saya jawab tidak tahu karena memang saya tidak tahu sama sekali. Saya hanya tukang nyapu jalan kalau ditanya obat sendi ya bingung parah. Entah, gak mudeng sama sekali. 

saya pekan depannya sejak kejadian itu, ada kawan dokter yang datang. namanya zana. Kami bertemu di Jakarta dulu. Dia orang minang. 

zana seorang tenaga medis di salah satu rumah sakit ternama di Jakarta. daripada saya, dia adalah dokter yang bisa saya tanya tentang apapun apalagi tentang sendi. 

Katanya, sendi adalah bagian penting bagi manusia. kalau tidak ada sendi, akan sangat susah bergerak. kenapa? karena sendi merupakan bagian penghubung tulang. 

jadi karena sendi ini, kita dapat beraktivitas bebas tanpa ada masalah. tidak mengalami sakit saat menekuk, berlari, dan melakukan aktivitas lainnya. 

hal tersebut, kata zana, yang memiliki fungsi sebagai pelumas dengan begitu gerak tulang kita menjadi lancar dan tidak merasa sakit sama sekali. 

kemudian saya tanya lagi ke zana, “ Kalau cairan sinovial itu tidak ada bagaimana?”

[teman saya itu menjawab|dijawab zana}, berkurang sedikit saja menimbulkan sakit luar biasa apalagi tidak ada. 

Itu mengapa peranan sendi itu sangat penting. saat sendi bebas bergerak, sendi bisa bergerak kemana saja sesuai keinginan. tapi kalau sudah sakit, kayaknya mau istirahat saja. tidak mau kemana - mana. 

memang benar kalau sendi sudah sakit, tidak banyak aktivitas yang bisa kita lakukan. mau apa saja susah dan terkendala. 

banyak macam rintangannya, ada yang mampu beraktivitas karena ringan, maksudnya masih bisa melakukan sesuatu tapi geraknya tidak leluasa. ada juga yang benar - benar istirahat total. tidak bisa bergerak dan tidak mampu kemana mana sehingga cukup diam di kamar saja. 

Karena mau apa juga bingung. hanya di tempat. semua serba terbatas. gerak pun sakit. 

 

dan demikianlah pentingnya sendi. rupanya sendi memiliki banyak hal penting untuk setiap kita masing - masing. Dapat melakukan banyak hal sampai saat ini juga karena fungsi sendi kita berjalan dengan baik. 

Dengan sendi yang baik ada banyak hal yang bisa kita lakukan. pengen pergi kemana ayo saja. 

Sendi sehat itu yang nomer satu. Bayangkan kalau banyak keluhan sendi. tidak bisa diajak kerjasama. yang semestinya kita bisa pergi jauh, sekarang pasrah|kini hanya bisa} istirahat saja. 

Sebelum mengupas sendi itu bagaimana, saya akan mengenalkan zana dahulu. Dengan latar belakangnya medis, saya yakin membantu banyak orang. 

Zana orang yang supel. saat pertama kali jumpa, orangnya humble dan lembut ketika senyum merekah. Lebih lagi lagi sudah terkembang senyumnya, garis wajahnya semanis madu dan menawan. 

Lembut sekali kata - kata yang keluar dari zana, jika berbicara seolah berbisik tapi jelas. suaranya empuk dan menentramkan. Kalau sudah berbicara, seolah angin yang menyapu wajah kita, nyess dengernya. 

Paras zana indah sekali bagai purnama yang terang benderang. seterang itu tapi tidak menyilaukan. Dipandang menentramkan, semakin dipadang semakin bertambah kangennya, semakin dalam kenangannya, semakin pula melibatkan hati yang ikut meleleh. 

Lembut saat kedua tangannya menyapa kulitku, halus kulitnya sebagaimana tutur katanya. Jika bersentuhan tangan kami,, seolah meraih sesuatu yang tidak mau dilepas apapun sebabnya. 

Zana seorang murah hatinya lagi dermawan. Pandai menengok orang yang membutuhkan, kemudian dari tangannya akan menghulurkan seberapa namun amat berharga 

Kembali ke sendi, 

Apa Saja Yang Membuat sendi Sakit?

Banyak variabel yang membuat sendi sakit. Tidak cuma satu dua, tapi berbagai sebabnya. Dan pada kesempatan ini kita akan membahasnya sebagian. 

Ini Dia penyebab sendi sakit:

 

Radang Sendi

Pernah kena radang sendi? misal pernah sakit sendi hanya saja tidak tahu apakah sakit yang dirasakan bernama sakit radang sendi atau bukan, kamu bisa simak penjelasan kawan saya ini berikut. 

Peradangan sendi biasanya mengakibatkan bengkak dan rasa panas sensasi. Rasanya sakit seperti nyut - nyutan. Seakan darah hanya berhenti disitu, tidak ada siklus. 

Radang sendi sangat mungkin dialami siapapun. Mau tua, muda dan yang kuat atau lemah tetap mempunyai resiko terkena peradangan sendi. 

Umumnya menyerang yang telah menginjak usia lanjut dan memiliki aktivitas berat. 

Yang memiliki usia lanjut berarti para lansia yang ada diatas 50 tahun keatas. Kalau mereka tidak hati - hati menjaga keseimbang bisa terkena radang sendi. 

Orang tua seringkali gampang terjatuh. Bisa jadi karena sesuatu remeh atau karena daya keseimbangannya yang mulai menurun, Dan juga mereka rentan sekali terkena radang sendi ini. 

Selain orang tua, mereka yang mengerjakan aktivitas berat juga punya potensi terkena radang sendi ini. Misalnya saja orang yang menjadi atlet angkat besi. 

Bayangkan mengangkat berat segede itu yang capaian bebannya hingga ratusan kilo tapi mengangkatnya pun tanpa alat dan hanya menggunakan tangan saja. 

Kalau tidak tepat mengangkatnya bisa terkena radang sendi. Dan akhirnya sakitnya luar biasa. 

Selain olahraga angkat besi, ada juga olahraga lari yang beresiko terkena radang sendi. Saat berlari bisa mendadak terkena radang sendi. 

Pebasket juga begitu, punya potensi besar terserang radang sendi. Untuk itu tetap perhatikan supaya terhindar dari radang sendi. 

Sebab saat orang mengalami r adang sendi, sakit tak tertahankan dan mudah kambuhan. Siapa pun pasti menolak jika menderita sakit yang mudah kambuhan. iya kan?

Inilah makanMakanan Yang Baik Untuk Sendi

Untuk mengatasi sendi, tidak sekedar konsumsi obat saja. tapi konsumsi makanan yang baik untuk sendi juga bagian dari salah satu untuk mengobati sendi. 

Jika kita sering konsumsi makanan yang baik untuk sendi, maka otomatis sendi kita juga akan sehat. Kalau sehat, aktivitas pun lancar tanpa kendala. Sebanyak apapun mobilitas kita akan tetap mendukung. 

Jadi, Kalau sejak awal kamu berpikir bahwa apa yang kita makan tidak berpengaruh, pendapat kamu tentu tidak berdasar. nyatanya apa yang kita makan sangat berpengaruh sekali terhadap perkembangan penyakit yang ada. 

Kalau kita sering makan makanan tersebut, ketika sendi kita sakit pun pasti perlahan akan semakin baik dan baik. Makanan tersebut juga mengandung zat yang baik untuk membantu mengobati keluhan sendi kita. 

Nah, yuk kenali apa saja makanan yang baik untuk sendi. Harapannya ketika kamu bisa membedakan jenis makanan yang sesuai dan baik untuk sendi, kamu bisa mulai mengkonsumsinya. 

Jangan kemudian begitu mengetahui makanan ini baik untuk sendi tapi justru malas untuk memakannya. Lalu untuk apa jika seperti itu?. Pada akhirnya nanti akan menjadi sia - sia dan kondisi pun tidak akan berubah. kamu akan tetap seperti itu. 

Kamu akan tetap mengeluh kalau sendi sakit. sedikit - sedikit mengeluh dan mengaduh. Bahkan saking tidak bisa menahan sendi yang bermasalah tersebut akhirnya air mata jatuh menahan sakit. 

 

Dibawah ini makanan yang baik untuk sendi:

Makanan berwarna

Makanan berwarna semisal jeruk, anggur, bluebery, strowebery dan macam - macam buah lainnya sangat baik untuk sendi. Konsumsi secara rutin salah satu dari banyak buah yang disarankan. 

Senang banget.. konsumsi buah tapi bisa sekaligus mengobati dan mencegah sakit sendi. Mending begitu daripada musti banyak minum jenis obat. Rasanya pahit, efek sampingnya mengkhawatirkan seperti ginjal dan hati

Banyak buah yang ditemui diatas mudah ditemui. Tinggal kita ke pasar atau tempat jual buah pasti ada dimana - mana. Andai rumah kamu ada di lereng perbukitan, buah semisal strabery bisa kamu petik dan tanam disana dengan baik. 

Adapun buah lain bisa juga ditanam di pekarangan rumah seperti beli buah dalam pot dan taruh di depan rumah. Biasanya tabulampot berbuahnya bisa cepat karena metode penanamannya dengan cara di cangkok. 

 

Susu

Selanjutnya konsumsi yang bagus untuk sendi adalah susu. susu baik untuk sendi dan tulang karena susu mengandung kalsium tinggi.

Konsumsi susu apapun. mau susu kambing atau susu sapi semua sama saja mengandung kalsium. tapi untuk yang alergi laktosa bisa konsumsi susu kambing. 

susu kambing rendah laktosa dengan begitu pencernaan kita akan mudah menerima dan tidak menyebabkan diare. terutama anak kecil, susu kambing cocok untuk usia tersebut. 

susu kambing juga kadar gizinya mendekati asi. sehingga bagi ibu yang bayinya diberi susu sambung, ada baiknya untuk memberikan susu kambing saja dibanding susu sapi. 

 

Vitamin D

Terutama untuk tulang, konsumsi vitamin D adalah kewajiban karena vitamin D sangat dibutuhkan tulang. Vitamin D memiliki fungsi untuk menguatkan tulang. 

 

Lalu dimana memperoleh vitamin D?

jangan khawatir cara memperoleh vitamin D sebab nutrisi tersebut diperoleh dengan mudah dan gratis. Yang penting jangan malas. 

Vitamin D didapat dari sinar matahari. mudah bukan?!

Setiap pagi hari duduklah di halaman rumah dari jam 7 - 8 pagi, kemudian biarkan sinar matahari mengenaimu pada rentang jam tersebut. 

Cara terbaik memperoleh vitamin D berjemur setiap pagi. 

 

Itu tadi cara untuk mengatasi keluhan sendi. tidak perlu kesana - kemari mencari obat keluhan sendi seperti obat jari tangan kaku saat ditekuk serta obat untuk keluhan sendi lainnya.


Posting Komentar untuk "sendi dan kaku tidak nyaman"